Mengapa Komputer Sering Berbunyi Bising Ketika Dipakai?

Hai sahabat, bila Anda pengguna komputer desktop, kemungkinan Anda akan mengalami duduk masalah komputer yang sering berbunyi bising ketika dipakai. Bunyi yang dimaksud ialah menyerupai bunyi mendengung, tapi terdengar terus menerus ketika komputer dihidupkan. Kalau bunyi itu dituliskan, kira-kira menyerupai ini "Ngunggg-ngunggg" (panjang).

Dapat ditebak bunyi tersebut berasal dari dalam casing komputer, yang biasanya terdengar sangat keras dan bising di telinga. Jika kita bekerja, benar-benar sanggup mengganggu konsentrasi bagi orang-orang yang tidak suka dengan bunyi gaduh.

Jika benar bahwa bunyi menyerupai itulah yang terdengar di komputer Anda, maka kemungkinan besar itu berasal dari kipas prosesor atau kipas di dalam power supply komputer tersebut. Kok sanggup berbunyi? Ya, itu sanggup disebabkan oleh bubuk yang terlalu banyak dan mengotori kipas-kipas tersebut. Dan selain itu, ialah hal yang masuk akal bila kipas yang telah usang mulai mengeluarkan bunyi menyerupai itu, sebagai tanda bahwa perangkat tersebut mulai bermasalah.

Umumnya, kipas yang berbunyi niscaya kotor, atau terkadang perputarannya tidak normal. Dalam masalah yang sering aku dapatkan debulah yang biasa menjadi biang utamanya. Debu yang jarang dibersihkan, akan mengendap di bawah kipas dan menyebabkan kipas seret dan berbunyi.

Untuk mengatasi bunyi pada kipas tersebut, Anda sanggup membersihkan kipas komputer Anda memakai kuas. Tapi, Anda harus melepasnya terlebih dahulu biar kesannya bagus. Jika Anda tidak sanggup bongkar pasang komputer, Anda sanggup meminta santunan teknisi komputer untuk membersihkannya.

Biasanya, dengan cara menyerupai itu duduk masalah kipas yang berbunyi akan teratasi. Namun bila masih berbunyi, atau yang bermasalah ialah kipas pada power supply-nya, maka Anda harus mengganti kipas prosesor dengan yang bagus, atau mengganti power supply dengan yang masih manis juga.

Saya yakin bila Anda telah mengganti kipas yang bermasalah, maka bunyi-bunyi pada komputer Anda akan hilang. Tapi sehabis itu kipasnya harus dijaga ya sahabat, biar bubuk jangan hingga menumpuk lagi pada kipas komputer Anda.

Baiklah, sekian dulu goresan pena aku ihwal mengapa komputer sering berbunyi ketika dipakai, semoga bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa baca juga kipas yang rusak juga menyebabkan laptop mati. Terima kasih...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel