Cara Gampang Update/Upgrade Firmware Radio Ubiquiti Nano Station, Loco, Nano Beam, Dll

Hai sobatku, kali ini aku akan menyebarkan lagi ihwal cara upgrade firmware radio ubiquiti banyak sekali tipe. Tentunya Anda jangan ke mana-mana dulu sebelum membaca artikel ini hingga selesai. Insya Allah apa yang aku bagi kali ini akan bermanfaat untuk Anda..

Update firmware radio itu memperbarui firmware yang ada di radio dengan firmware tipe terbarunya. Misalnya sebelumnya memakai firmware versi 5.5.2, Maka kita sanggup memperbaruinya dengan firmware yang lebih gres lagi, menyerupai v5.6.6


Banyak alasan mengapa kita perlu meng-update atau mengupgrade firmware di ubiquiti radio. Bisa jadi alasannya firmware usang belum mendukung frekuensi yang lebih tinggi, sanggup jadi firmware usang sering bermasalah, atau sanggup jadi juga akhir terkena virus radio yang baru-baru ini menginfeksi ratusan radio ubiquiti di profider internet daerah aku bekerja.

Nah, diperlukan dengan melaksanakan update firmware, problem masalah menyerupai itu sanggup terselesaikan. Oke, pribadi saja ikuti step by step tutorialnya berikut ini.
Danger!! Sebelum mengupdate firmware radio Anda, pastikan laptop atau komputer Anda tidak mati ketika proses berlangsung. Pastikan juga kabel LAN yang dari adaptor ke radio terhubung bagus, dan kabel LAN yang dari adaptor ke laptop juga begitu. Sebab kalau pada ketika proses laptop tiba-tiba mati atau radio tidak terhubung ke laptop, maka dihawatirkan firmware radio tersebut akan menjadi rusak.
Cara update firmware radio ubiquiti

1. Siapkan firmware ubiquiti terbaru sesuai tipe radio milik Anda. Untuk cara downloadnya, Anda sanggup membacanya di sini.

2. Setelah firmware sudah didownload, kini silahkan login dulu ke radio Anda, dengan memakai alamat 192.168.1.20 dan mengetikkannya di address kafe browser. Setelah itu tekan enter untuk masuk ke alamat tersebut. 


3. Nah, lalu silahkan masukkan usernama dan password yang telah dibentuk sebelumnya, dan klik tombol LOGIN. Saya anggap Anda sudah sanggup cara untuk login ya..!!



4. Sekarang klik pada tab SYSTEM. Lihatlah, pada radio yang dijadikan praktek ini firmwarenya versi XWv5.5.9. Jadi, kita akan mengupdate/meng-upgrade menjadi yang terbaru yaitu, XWv5.6.6. 
 kali ini aku akan menyebarkan lagi ihwal cara upgrade firmware radio ubiquiti banyak sekali tip Cara Praktis Update/Upgrade Firmware Radio Ubiquiti Nano Station, Loco, Nano Beam, dll

5. Oke deh, untuk itu pribadi klik tombol CHOOSE FILE/PILIH FILE
 kali ini aku akan menyebarkan lagi ihwal cara upgrade firmware radio ubiquiti banyak sekali tip Cara Praktis Update/Upgrade Firmware Radio Ubiquiti Nano Station, Loco, Nano Beam, dll

6. Setelah itu cari dan klik firmware yang telah didownload sebelumnya. Setelah diklik, silahkan klik tombol OPEN
 kali ini aku akan menyebarkan lagi ihwal cara upgrade firmware radio ubiquiti banyak sekali tip Cara Praktis Update/Upgrade Firmware Radio Ubiquiti Nano Station, Loco, Nano Beam, dll
7. Setelah itu klik tombol UPLOAD.



8. Setelah diupload, kini klik tombol update menyerupai berikut ini

9. Akan ada proses update firmware yang butuh waktu beberapa detik, bahkan hingga  menit. Silahkan tunggu saja hingga proses selesai.



10. Kemudian sehabis selesai, radio akan restart dengan sendirinya. Jika muncul menyerupai ini di google chrome, klik lanjutkan.



11. Dan yang ini klik lanjutkan ke 192.168.1.20



12. Sekarang masuk ke radio dengan username dan password sebelumnya, menyerupai langkah nomor 3 di atas. 

13. Nah, kalau update firmware sudah selesai, maka versi firmware di radio sudah menjadi yang terbaru, ialah versi 5.6.6 menyerupai gambar berikut ini.


Dengan demikian, proses updating ini sudah selesai.. Selamat ya sobatku.. :)

Catatan: Untuk praktek kali ini aku memakai radio Nano station Loco M5.

Kalau mau nonton VIDEO tutorial upgrade firmware radio, silahkan tengok di bawah ini..


Sobat, kalau Anda ingin mendowngrade alias menurunkan versi firmware radio ubiquiti, caranya sama saja menyerupai langkah di atas. Hanya saja Anda harus memakai firmware dengan versi di bawahnya lagi sesuai harapan Anda.

Oke kalau begitu, demikian tutorial upgrade firmware radio ubiquiti , agar yang aku tulis kali ini sanggup membantu menuntaskan problem Anda. Silahkan olok-olokan pertanyaan lewat komentar kalau ada yang ingin ditanyakan. :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel