Cara Termudah Menciptakan Contact Dalam Bentuk Form Di Blogger

Cara Termudah Membuat Contact Dalam Bentuk Form Di Blogger-Untuk menciptakan sebuah blog tampak profesional, maka syarat yang harus ada yaitu adanya laman khusus perihal contact/kontak. Laman kontak berfungsi untuk menunjukkan akomodasi bagi pengunjung sebuah blog yang ingin menghubungi admin blog tertentu dengan banyak sekali tujuan.

Begitu pentingnya laman contact sebuah blog, mewajibkan seorang blogger untuk memajang contact di blog yang dimilikinya. Apa lagi jikalau Anda ingin mencari uang dari google adsense, maka contact yaitu salah satu syarat wajib supaya blog Anda diterima sebagai publisher iklan di google adsense.

Ada banyak cara menciptakan sajian contact di blog. Ada yang menyukai menyediakan contact melalui tulisan, ada juga yang melalui kotak form. Makara bedanya yaitu kalau melalui goresan pena berarti Anda menciptakan sebuah laman yang menjelaskan perihal contact Anda yang termasuk di dalamnya yaitu nomor HP, Alamat social media (facebook, twitter, G+ dll) dan juga tentunya alamat email Anda. 

Sedangkan contact dalam bentuk form yaitu, Anda tidak perlu menjelaskan kepada pembaca melalui apa mereka harus menghubungi Anda. Karena kotak form tersebut sanggup diisi dengan mudah. Mungkin Anda sanggup melihatnya ibarat gambar berikut.


Cara Termudah Membuat Contact Dalam Bentuk Form Di Blogger Cara Termudah Membuat Contact Dalam Bentuk Form Di Blogger

Dengan form tersebut, pengunjung niscaya akan lebih gampang menghubungi Anda jikalau mereka menginginkannya. Karena untuk menghubungi Anda, mereka hanya cukup mengisi nama di kolom nama, e-mail mereka di kolom e-mail, dan selanjutnya pesan mereka di kolom pesan. Kemudian centang aku bukan robot, dan klik send message. Begitu gampang bukan?

Tentu form ini memudahkan pengunjung dan juga Anda sendiri sebagi admin blognya. Jika ada pertanyaan dari pengunjung melalui kontak, maka Anda hanya cukup memeriksanya melalu email saja. Makara tidak perlu ngecek facebook, twitter dll. Begitu pula bagi pengunjung. Mereka tinggal buka email mereka saja maka mereka sudah sanggup mendapatkan akhir dari admin blog yang mereka hubungi.

Nah, selain kemudahan, contak dalam bentuk form ini terlihat lebih profesional lo sobat. Makara kalau Anda ingin menciptakan web/blog yang lebih profesional lagi maka aku sarankan untuk membuat contact form ibarat ini.

Kemarin aku juga membuatnya. Tapi bukan untuk blog ini ya.. untuk blog aku yang satunya lagi. Inya Allah ke depannya aku juga akan mengembangkan form kontak untuk blog yang ini. Untuk caranya sanggup dibaca lebih lanjut saja ya..


Cara menciptakan form contact di blogger/blogspot


Untuk menciptakan contak form ini, langkah awal yaitu Anda harus masuk di SINI dulu. Setelah masuk, ada 3 poin yang perlu Anda isi. Yaitu settings, advanced settings dan target email adress.

1.  Kita masuk bab settings dulu. Bagian ini yaitu untuk menentukan elemen apa semua yang nantinya Anda sertakan dalam form contact Anda. Tapi secara default yang dipilih atau dicentang hanyalah NAME dan E-MAIL (beserta required field). Makara silahkan pilih saja mana yang Anda ingin sertakan dalam kontak form Anda. Tapi kalau aku sih suka yang simpel. Makara aku biarkan saja secara default.
Cara Termudah Membuat Contact Dalam Bentuk Form Di Blogger Cara Termudah Membuat Contact Dalam Bentuk Form Di Blogger
2. Sekarang kita alihkan pandangan ke bab bawah, dan perhatikan pada advaced settings dan sasaran e-mail address. 


NOTE: Bagian advanced setting, yang diberi isyarat YOUR OPTIONS (no 1) tersebut yaitu daerah untuk menata tampilan dari form kontak yang Anda inginkan. Misalnya backgroundya warna apa, warna font/hurufnya seperti apa, jenis font/huruf ibarat apa, dan ukuran hurufnya berapa. Silahkan isi sesuka hati Anda. Sedangkan pada kolom YOUR E-MAIL ADDRESS (no 2), isi dengan e-mail yang Anda gunakan untuk mendapatkan setiap pesan dari pengunjung Anda. Kalau sudah, centang pada SAYA BUKAN ROBOT (no 3). Nah, lanjut lagi klik CREATE FORMULAR (No 4)

3. Setelah itu akan ada tampilan yang menunjukkan isyarat html kepada Anda. Kode tersebut juga dikirimkan ke email Anda lo sobatku. Silahkan periksa e-mailnya juga kalau mau ya..Tapi kalau tidak mau ya sudah, kita gunakan saja code yang diberikan ibarat gambar berikut.
4. Copy isyarat yang diberikan, kemudian buatlah sebuah laman gres di blog Anda, dan beri judul Contact atau kontak. Tapi judulnya bukan mutlak harus ibarat itu ya.. Anda sanggup berkreasi sendiri kok. Misalnya contact us, contact me, dll. 



5. Setelah Anda berada pada laman editor gres Anda, klik pada mode HTML ibarat gambar berikut dan paste isyarat yang Anda copy tadi, kemudian pribadi klik publikasikan saja. Karena kalau dipratinjau biasanya tidak mau muncul preview dari formnya, dan hanya bertuliskan foxyform saja. Klik gambar untuk memperbesar ya..



Sobatku, kini Anda telah berhasil mempercantik dan menciptakan blog Anda terlihat lebih profesional lagi dengan contact form ini. Wah, harapannya mudah-mudahan pengunjung semakin bahagia ya berkunjung dan berguru di blog Anda.

O iya, Anda juga sanggup menambahkan beberapa kalimat di sajian contact Anda, dan menaruhnya di atas contact formnya. Misalnya begini: "Bagi yang ingin menghubungi admin, silahkan kontak melalui form di bawah ini". Kalau begitu kan akhirnya lebih elok lagi iya kan?

Baiklah sobatku, demikian saja goresan pena aku perihal cara menciptakan contact form di blog, semoga sanggup diterapkan dengan baik. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel