Berhasil Memperbaiki Komputer Hidup Tapi Tidak Tampil Di Monitor

Memperbaiki Komputer Hidup Tapi Tidak Tampil Di Monitor-Ceritanya nih, beberapa ahad yang kemudian sobat aku kontak lewat sms mengabarkan kalau komputernya mati. Nah, pas aku cek, ternyata komputernya hidup, tampak kipasnya jalan, lampu indikator juga menyala. Cuma, komputer tersebut tidak mau tampil di monitor.

Ya sudah, aku pribadi cek dengan sedikit kemampuan saya. Langkah awal aku membongkar cpu-nya. Selanjutnya membersihkan memorinya dengan penghapus, menyerupai pada artikel sebelumnya perihal cara memperbaiki memori laptop yang rusak. Setelah memorinya aku bersihkan, memori tersebut aku pasang kembali untuk mengetes komputernya. 

Tapi sebelum mengetes komputernya, usahakan kabel power dan kabel sata pada hard disk dicabut dulu dari mainboard ya sobatku supaya hard disknya tidak bermasalah. Maksudnya supaya pas menghidupkan komputernya untuk dites, hard disk tidak terkonek dengan komputer. Kan kalau ternyata percobaan tidak berhasil, niscaya kita akan mematikan komputer dengan paksa. Dan itu tidak baik untuk hard disk.

Nah, Pas aku hidupkan sehabis memorinya aku bersihkan, Alhamdulillah ada tampilan di monitor menyerupai dikala komputer booting pertama. Saya lihat adik sobat aku sangat bahagia melihatnya. Ya sudah.. pribadi deh aku tes memakai hard disk untuk memastikan bisa masuk windowsnya atau tidak. Dan ternyata, komputer tersebut bisa masuk windows dengan normal.

Memperbaiki Komputer Hidup Tapi Tidak Tampil Di Monitor Berhasil Memperbaiki Komputer Hidup Tapi Tidak Tampil Di Monitor

Maaf kalau gambarnya kurang bagus. Soalnya malam, pakai hp jadul dengan kamera seadanya. Yang jelas, sudah ada tampilan di monitor itu membuktikan bahwa duduk masalah komputer tersebut sudah teratasi. Tidak hingga 30 menit, komputer yang tidak ada tampilan di monitor ini bisa aku selesaikan.


Sobatku, untuk komputer pc, kalau sobat mendapat duduk masalah menyerupai ini maka bersihkan dulu memorinya. Kalau tidak tampil juga, cabut komponen-komponen di mainboardnya (memori, hard disk, prosesor, LAN CARD, VGA card) dan komponen lainnya menyerupai kabel-kabel yang terpasang di mainboard. Kemudian sehabis itu bersihkanlah memakai kuas saja dan pasang kembali. Kebanyakan komputer pc yang mati hanya dengan cara tersebut bisa hidup kembali. Tapi ingat, "kebanyakan" bukan semuanya.

: Perlunya membersihkan komputer dari debu

Oke deh, demikian saja goresan pena aku perihal pengalaman memperbaiki komputer hidup tapi tidak tampil di monitor, semoga bisa membantu mengatasi problematika komputer Anda... :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel