Cara Gampang Menciptakan Footnote Atau Catatan Kaki Di Word 2007

Cara Membuat Footnote atau Catatan Kaki Di Word 2007-Jika Anda sering membaca buku, niscaya pernah melihat (di buku tersebut) ada sebuah kata yang diberi nomor, dan di bawah halaman buku tersebut diberi klarifikasi wacana kata yang diberi nomor tersebut. Coba diingat-ingat, pernah lihat kan? Bukan cuma di buku saja lo sobat, tapi di Al-quran atau di makalah banyak ditemukan yang menyerupai itu. Nah, apakah itu?

Footnote namanya. Footnote dalam bahasa Indonesia yaitu catatan kaki, yang berfungsi untuk memperlihatkan klarifikasi dari sebuah kata. Misalnya saja, ada sebuah kata yang tidak banyak dimengerti orang lain dan butuh penjelasan. Kaprikornus di final kata yang tidak dimengerti tersebut diberi nomor, dan di final lembaran buku tersebut maka dibuatkanlah yang namanya catatan kaki atau footnote tersebut untuk menjelaskannya.

Nah, bagi yang belum tahu bagaimana cara membuat catatan kaki di word 2007, maka aku akan menyebarkan kepada Anda dikala ini, hanya lewat satu artikel komputer di blog yang sedang Anda baca ini.

Oke, jadi ceritanya aku akan menciptakan footnote di sebuah kata dari paragraf yang telah aku buat, yaitu ISLAM. Lihat gambarnya berikut ini. Klik untuk memperbesar.
Cara Membuat Footnote atau Catatan Kaki Di Word  Cara Praktis Membuat Footnote atau Catatan Kaki Di Word 2007

Oke, kini mari ikuti langkah-demi langkah membuatnya di bawah ini.

Cara menciptakan footnote/catatan kaki di word 2007

1. Karena aku akan menciptakan footnote untuk kata ISLAM, maka saya harus letakkan dulu kursor sempurna di belakang kata ISLAM. Setelah itu, klik tab REFERENCES, lalu klik tombol INSERT FOOTNOTE menyerupai gambar berikut ini.

Cara Membuat Footnote atau Catatan Kaki Di Word  Cara Praktis Membuat Footnote atau Catatan Kaki Di Word 2007

2. Jika langkah kita benar, maka pada final kata ISLAM tadi akan terlihat angka 1. Dan di bawah halaman word tersebut juga akan terdapat angka 1 menyerupai gambar berikut ini.


3. Langkah selanjutnya, aku akan menulis/ketik klarifikasi wacana ISLAM pada angka 1 yang ada di bawah halaman word. Contohnya menyerupai ini..

Cara Membuat Footnote atau Catatan Kaki Di Word  Cara Praktis Membuat Footnote atau Catatan Kaki Di Word 2007
Contoh footnote
4. Jika kita berhasil membuat footnote di word ini, ketika kita mengarahkan pointer ke kata ISLAM, akan muncul balon yang menjelaskan kata ISLAM menyerupai yang aku ketik tadi. Lihat gambarnya berikut ini..

Oke sobatku, kini bila Anda ingin menambahkan footnote untuk kata yang lainnya, caranya sama saja.Tinggal ulangi saja dari tahap 1 hingga tahap 3. Maka sehabis itu, di belakang kata tersebut akan otomatis menjadi nomor 2. Jika membuatnya lagi, maka menjadi nomor 3, dan seterusnya.. :)

Sekarang bila Anda berminat, Anda juga perlu mengetahui macam-macam simbol untuk menciptakan footnote di word.

Nah, mungkin hingga di sini dulu goresan pena aku wacana cara menciptakan footnote/catatan kaki di word 2007, supaya apa yang aku tulis ini bermanfaat. Kiranya berkenan, silahkan pencet tombol share di bawah artikel ini kalau ada :D

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel