Cara Memotong Gambar (Crop) Dengan Aplikasi Paint Windows 7

Ternyata, banyak yang belum tahu bagaimana cara Cropping/memotong gambar dan foto menjadi lebih kecil, hinnga menjadi ukuran yang diingainkan. Dan alasannya ialah itulah, kini aku akan menyebarkan tutorial perihal hal tersebut kepada Anda.

Banyak laba kalau kita dapat mengecilkan gambar dengan memotong gambar tersebut. Misalnya saja, dikala kita ingin memakai sebuah gambar untuk kepentingan postingan blog. Karena ukuran (size) gambarnya terlalu besar, maka ukuran filenya pun juga besar pula. Nah, alasannya ialah ukurannya besar, maka gambar tersebut akan menciptakan loading sebuah laman blog menjadi berat. Oleh alasannya ialah itulah, perlu diperkecil lagi.

Nah, untuk teladan yang lebih jelasnya begini: Saya ingin memposting gambar speedtest di blog saya. Namun sayangnya, gambarnya terlalu besar menyerupai ini. 


memotong gambar dan foto menjadi lebih kecil Cara Memotong Gambar (CROP) Dengan Aplikasi Paint Windows 7
Padahal yang aku butuhkan hanyalah gambar hasil speedtesnya saja, menyerupai yang aku beri kotak merah di atas. Jadi background yang luas itu tidak terlalu aku butuhkan. Makanya, lebih baik aku potong atau crop gambar tersebut semoga menjadi lebih kecil, supaya tidak terlalu menciptakan loading blog menjadi lambat. 

Nah, bagaimana caranya? Baiklah, berikut akan aku jelaskan lebih rinci.

Cara memotong gambar Menggunakan Aplikasi Paint

Tapi sebelum melangkah ke tahap terpenting, aku jelaskan sedikit aku memakai laptop dengan windows 7. Makara paint yang aku gunakan ini ialah paint bawaan windows 7 ya sobat. Kalau Anda memakai winsows 8 dan galau bagaimana memunculkan paint-nya, silahkan baca: Cara memunculkan paint di windows 8

1. Oke, langkah pertama buka aplikasi paint di windows 7 Anda. Caranya, Klik start->All program->Accesories->Paint

memotong gambar dan foto menjadi lebih kecil Cara Memotong Gambar (CROP) Dengan Aplikasi Paint Windows 7

memotong gambar dan foto menjadi lebih kecil Cara Memotong Gambar (CROP) Dengan Aplikasi Paint Windows 7

2. Setelah Aplikasi paint di windows 7 terbuka, silahkan klik segitiga kecil menyerupai nomor 1, kemudian klik open. Atau kalau Ingin cepat, ketik CTRL+O di keyboard Anda.


3. Setelah itu akan muncul jendela open menyerupai berikut ini. Nah, untuk teladan ini aku menentukan dan klik gambar Speedtest. Kemudian, aku klik tombol OPEN


4. Setelah gambar speedtest masuk ke paint, aku pilih SELECT tool menyerupai nomor 1. Kemudian, aku klik dan tarik pointer dari ujung 1 ke ujung 2 menyerupai pada gambar berikut untuk memperlihatkan imbas garis (efek select) pada objek yang ingin aku pakai.

memotong gambar dan foto menjadi lebih kecil Cara Memotong Gambar (CROP) Dengan Aplikasi Paint Windows 7

5. Nah, kini klik CROP tool yang ada di samping SELECT tool tadi. Maka, kesannya menjadi menyerupai yang aku inginkan.

memotong gambar dan foto menjadi lebih kecil Cara Memotong Gambar (CROP) Dengan Aplikasi Paint Windows 7

Sobatku, Anda dapat memakai crop tool untuk memotong gambar atau foto dengan aneka macam format. JPEG, JPG, PNG, dan lain-lain.

Nah, alasannya ialah proses pemotongan gambar pada software paint sudah selesai, berarti artikel ini cukup hingga di sini saja. Oke, Anda gres saja membaca goresan pena aku perihal cara memotong gambar dengan aplikasi paint di windows 7, semoga apa yang aku tulis ini dapat berkhasiat untuk Anda.. :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel