Mengapa Lcd (Layar) Laptop Tidak Dapat Digunakan Di Laptop Lain?

Belajar komputer dasar | Beberapa bulan yang kemudian aku ingin mengganti layar laptop milik pelanggan. Makara sebelum aku kerumahnya, pelanggan itu pun bertanya "apakah sanggup layar laptop aku diganti pakai layar laptop aku yang satunya lagi"?

Nah, aku pun menjawab, sanggup ibu, yang penting tipe layarnya sama. Misalnya ukurannya, jenisnya slim atau tidak dan lain-lain..

Nah, singkat dongeng aku pun hingga di rumah pelanggan tersebut. Namun sesudah aku periksa, weladalah ternyata tipe Model LCDnya tidak sama. Laptop yang rusak pakai LED yang slim, sedangkan yang masih manis pakai yang tebal. 

Kemudian aku jelaskan kepada ibu tersebut kalau Layar laptop yang satu tidak sanggup digunakan di laptop ini. Dan aku jelaskan "mengapa laptop tersebut meskipun ukurannya sama tapi layarnya tidak sanggup digunakan ke laptop yang satunya lagi".

Yah, mungkin belum terlalu paham ihwal yang begitu-begituan, jadinya si ibu melamun dan tampak menyesal seolah berkata dalam hati.. "tidak mungkiiiiin!!!"


Lebih parah lagi sesudah aku beritahu bahwa harga LCD/LED laptop cukup mahal. Waduh, nampaknya ibu tersebut terlihat lebih bersedih lagi.. Hem, ceritanya terlalu didramatisir kayaknya he he...

Sobat, mengapa layar laptop tidak sanggup digunakan di laptop lain? Bahkan terkadang laptop yang ukurannya sama pun juga tidak bisa! Untuk mengetahui jawabannya, silahkan baca lebih lanjut di bawah ini.

Penyebab lcd layar laptop tidak sanggup Digunakan di laptop lain


1. Perbedaan ukuran Inci

Tentu saja, yang pertama ini tidak sanggup ditolerir. Kalau ukurannya berbeda, berarti layar laptop yang satu tidak sanggup dipindahkan di laptop yang lainnya. Contohnya: laptop yang satu memakai layar 12.1", sedangkan yang satu lagi memakai layar 14.0" ya terang sangat jauh perbedaanya kan?
 Beberapa bulan yang kemudian aku ingin mengganti layar laptop milik pelanggan Mengapa LCD (Layar) Laptop Tidak Bisa Dipakai Di Laptop Lain?
Dari segi ukuran saja sudah tidak sama, apa lagi yang lain-lainnya lagi..

2. Perbedaan Jenis Layar, Yaitu LCD  dan  LED 

Layar LCD tidak sanggup digunakan di laptop yang sudah memakai layar LED. Begitu juga sebaliknya, Layar LED juga tidak sanggup digunakan di laptop yang masih memakai layar LCD. Perbedaan yang paling mencolok yang menciptakan dua tipe layar ini tidak sanggup digunakan dalam satu laptop yang sama sanggup dilihat ibarat gambar berikut.

Silahkan perhatikan lagi kedua layar di atas, bentuk dan letak socketnya sudah berbeda. Makanya, sekali lagi layar LCD tidak sanggup dipasang di laptop yang memakai layar LED dan sebaliknya meskipun kedua laptop Anda mempunyai ukuran yang sama, contohnya 14". 
Lagi pula, layar tipe LCD masih memakai kabel power yang digunakan untuk menghidupkan neon, sedangkan yang LED tidak memerlukan itu.

Itulah yang menciptakan kedua jenis layar tersebut (LCD dan LED) tidak sanggup ditukar tempat.

3. Perbedaan ketebalan, Slim Dan Tebal

Sekarang selain duduk masalah LCD dan LED di atas, ternyata ada lagi duduk masalah gres yang juga mengakibatkan layar laptop tidak sanggup digunakan di laptop lainnya meskipun besar laptopnya sama. Yak, ternyata ada dua ketebalan pada layar yaitu slim (tipis) dan tebal (biasa).
 Beberapa bulan yang kemudian aku ingin mengganti layar laptop milik pelanggan Mengapa LCD (Layar) Laptop Tidak Bisa Dipakai Di Laptop Lain?
Nah, meskipun sama-sama bertipe LED, tentunya layar yang bentuknya slim tidak sanggup dipasangkan di laptpop yang pakai layar tebal. Begitu juga sebaliknya sob. Logikanya begini: Layar tipis ditaruh di kawasan yang luas bakal longgar dan keliatan buruk bukan? Nah, layar tebal kalau dipasang di kawasan yang sempit kan bakalan gak cukup..

4. Perbedaan Bentuk Wide Dan Kotak

Lihat gambar berikut
 Beberapa bulan yang kemudian aku ingin mengganti layar laptop milik pelanggan Mengapa LCD (Layar) Laptop Tidak Bisa Dipakai Di Laptop Lain?

Sama-sama ukuran 14.1" tapi yang A bentuknya Wide, yang B kotak. Makanya gak sanggup dong dipasang ya kan? Jadi, jangan pernah mengakalinya titik..!!

5. Perbedaan Letak Socket

Nah, yang ke tiga ini perbedaanya yaitu pada letak socketnya. Ada layar yang socketnya di kiri, ada yang socketnya di kanan meskipun ukuran layarnya sama persis. Kalau layar laptop yang socketnya di kiri tentunya tidak sanggup dipasang di layar yang socketnya di kanan dong.. Lihat, contohnya ibarat gambar berikut ini.
 Beberapa bulan yang kemudian aku ingin mengganti layar laptop milik pelanggan Mengapa LCD (Layar) Laptop Tidak Bisa Dipakai Di Laptop Lain?
Intinya kenapa tidak bisa, alasannya yaitu kabel fleksibel pada laptop yang layarnya ke kiri bentuknya ya mengarah ke kiri. Begitu juga yang socketnya di kanan maka fleksibelnya mengarah ke kanan. Makanya, hal yang agak tidak mungkin untuk memakai layar socket kanan pada laptop yang seharusnya layarnya socket kiri. Dan juga sebaliknya ya sobat..

6. Perbedaan jumlah PIN pada socket

Selain yang di atas semuanya, ternyata jumlah pin juga memilih sanggup tidaknya sebuah layar di gunakan pada laptop lainnya. Sebab jumlah pin pada layar LCD/LED laptop itu berbeda-beda lo gaes. Lihat gambar berikut.
 Beberapa bulan yang kemudian aku ingin mengganti layar laptop milik pelanggan Mengapa LCD (Layar) Laptop Tidak Bisa Dipakai Di Laptop Lain?
Di atas yaitu pola led 11.6" slim, yang ternyata berbeda jumlah PIN socketnya. Layar A cuma 30 PIN, sedangkan yang B 40 PIN. Kalau begitu ya berarti layar yang socketnya 30 PIN tidak sanggup dipasang pada layar laptop yang memakai 40 PIN dan sebaliknya..

7. Perbedaan Letak indera pendengaran Lubang Baut

Perbedaan letak indera pendengaran lubang baut juga menjadi penghalang bagi layar notebook untuk sanggup dipasang pada layar lainnya. Contohnya pada gambar di bawah.
 Beberapa bulan yang kemudian aku ingin mengganti layar laptop milik pelanggan Mengapa LCD (Layar) Laptop Tidak Bisa Dipakai Di Laptop Lain?

Layar di atas mempunyai ukuran dan ketebalan yang sama, yaitu 11,6" slim. Namun letak indera pendengaran lubang bautnya berbeda. Yang A indera pendengaran di atas bawah, yang B indera pendengaran di kiri kanan.

Nah, kalau lubang bautnya berbeda, pola yang telinganya di atas dan bawah, tentu tidak sanggup dimasukkan di laptop yang layarnya memakai indera pendengaran samping kiri dan kanan.

Tapi, kalau untuk yang ini sih masih sanggup diakali. Telinganya dipotong saja jadi beres.. Yang penting ukurannya sama, ketebalannya sama, letak socket dan jumlah pin socketnya sama tidak masalah. 

Cuma tetap saja kalau telinganya sudah dipotong maka layar tidak sanggup dikaitkan di casing dengan berpengaruh lagi. Dan satu lagi, jikalau Anda yaitu teknisi komputer, sebaiknya minta izin dulu kepada pelanggan Anda untuk mengakali layar dengan cara ibarat itu.

Oke sobatku, aku rasa 5 hal di ataslah yang menciptakan layar laptop tidak sanggup digunakan pada laptop lainnya. Jadi, Anda apakah Anda sudah paham juragan?

Demikian goresan pena singkat ini, aku harap Anda sanggup mengerti maksud klarifikasi demi klarifikasi yang telah aku rangkai di artikel ini. Mohon maaf kalau ada kekurangan, mohon share jikalau berkenan.. Wassalamualaikum.. :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel